Perawatan Rem Mobil

Sahabat autozer perlu kita ketahui bersama bahwa berkendara mobil yang aman adalah faktor terpenting dalam mengenderai mobil
 Faktor keselamatan yang perlu di perhatikan adalah kondisi dari Rem Mobil. Kondisi rem mobil yang salah dan tak pernah di rawat terkadang disepelekan dan setelah terjadi kecelakaan akibat rem mobil yang mobil yang blong atau tak berfungsi dengam baik.bati kita mengerti dan sadar akan pentingnya perawatan Rem Mobil.

Ada dua jenis dari rem mobil dan keduanya mempunyai perawatan yang berbeda. Jenis dari rem mobil antara lain :
1. Rem Mobil Cakram
2. Rem Mobil Tromol

1. Perawatan Rem Mobil Cakram
Untuk rem cakram Cara perawatan untuk jenis rem cakram kita bisa memulai dengan melepas kampas rem/pad dari dudukan rem selanjutnya gunakan ampelas kasar untuk membersihkan karat dan kotoran, kuas atau sikat untuk membersihkan permukaannnya. Lalu gunakan pembersih karbon yang khusus rem atau biasa disebut (Brake Cleaner) atau jika ingin irit bisa juga dengan menggunakan bensin. Dengan penggunaan bensin jelas kotoran kotoran akan lebih banyak yang terbuang bersama bensin.

Setelah itu berikan stempet, gemuk atau pelumas di besi penahan pada bagian belakang kampas rem. Tujuan dari pemberian grease ini untuk menjaga besi penahan dari korosi atau karat. Hal ini harus dilakukan dengan hati-hati jangan sampai terkena pada permukaan kampas rem yang bersinggungan langsung dengan cakram. Setelah itu Anda bisa pasang kembali kampas rem.

2. Perawatan Rem Mobil Tromol.

Untuk perawatan Rem mobil Tromol perawatan nya bisa di lakukan dengan melepaskan dulu tutup tromolnya. Pembukaan tutup tromol apabila sudah lama tidak di buka maka akan susah di buka dan diperlukan cairan berupa WD untuk menghilangkan karat atau korosi pada tutup tromol. Setelah itu langkah yang harus dilakukan sama seperti membersihkan pada rem cakram dengan menggunakan amplas atau cairan khusus pembersih rem. Lalu pasang kembali tutup tromol sesuai dengan keadaan semula.

Itulah tips singkat dan mudah jika ingin merawat rem Anda seorang diri, pastikan hasil kinerja Anda maksimal agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Rem yang maksimal.setidaknya akan membuat mental dan perasaan kita berkendera menjadi nyaman. Jika memang dirasa sulit, sebaiknya percayakan kepada bengkel langganan Anda.

Popular posts from this blog

Spesifikasi Mesin Ertiga

Sistem Suspensi New Pajero Sport