JENIS KNALPOT RACING

JENIS KNALPOT RACING – Tentu masih banyak diantara sobat autozer yang masih bingung mengenai perbedaan antara Knalpot biasa dan knalpot racing. Jika sobat autozer bertanya langsung di toko penjual jenis knalpot racing, khususnya untuk knalpot racing motorsport atau balap seringkali kita dikasih 2 pilihan yaitu antara knalpot slip on dan full system. Kedua jenis knalpot ini sering di gunakan para pecinta motor sport maka untuk itu para sahabat autozer harus mengetahui kelebihan dan kelemahan jenis knalpot racing tersebut.
Pada kesempatan ini penulis akan berbagi beberapa info kepada sobat autozer semua tentang perbedaan antara knalpot racing slipon dan full system. Langsung saja kita simak penjelasannya berikut ini  tentang jenis knalpot racing tersebut:

Para penjual knalpot racing untuk sepeda motor, tentu kita sering memberikan opsi atau pilihan kepada calon pembeli mau jenis knalpot racing Slip on apa full System? Baik lah kita akan bahas satu persatu dan lebih mendetail

1. Pengertian Jenis Knalpot Racing Slip On.

Jika kita membeli jenis knalpot racing slip on berarti sahabat autozer hanya mengganti selencer/tabung knalpotnya saja. 

Dan tabung tersebut akan di pasang dengan Knalpot slip on yang dilengkapi pipa sambungan antara selencer dengan header knalpot, akan tetapi jenis knalpot racing slip on hanya tersedia dan bisa dipasang pada motor jenis tertentu saja seperti Kawasaki Ninja 250, Z250, Yamaha R25, CBR150R Lokal, dan ada beberapa jenis motor lainnya yang bisa di pasang jenis knalpot racing slip on.

Kelebihan Jenis Knalpot Racing Slip On
Kelebihan atau keuntungan akan membeli knalpot racing slip on adalah harganya lebih ekonomis, sobat autozer bisa merasakan dan menikmati sensasi akan jenis knalpot racing dengan biaya yang lebih murah dibandingkan dengan knalpot full system. Dan kelebihan juga tenaga yang di hasilkan sama dengan jenis knalpot yang full system serta untuk perawatan juga lebih mudah.

Kekurangan Jenis Knalpot Racing Slip On.

Biasanya  untuk jenis knalpot racing slip on ada pada suara. penggantian knalpot standar dengan knalpot slip on tidak menghasilkan suara yang maksimal,  suara yang di hasilkan hanya nyaring keras tanpa ada dentuman. karena ukuran masing-masing selencer belum tentu bisa dipadukan dengan header standar. Ibaratnya ada sedikit kebocoran sehingga gas buang yang di hasilkan pembakaran tidak fokus keluar pada satu lubang di jenis knalpot racing ini.

Seringkali para sahabat autozer yang membeli knalpot slip on mengeluh karena suara knalpot maupun performa mesin yang dihasilkan kurang maksimal.


2. Pengertian Jenis Knalpot Racing Full System
Jenis Knalpot Racing Full System adalah penggantian knalpot standart dengan knalpot racing auto. Penggantian di mulai dari header sampai selencer/muffler semua diganti dan sistem auto knalpot pun di pasang. Knalpot full system tersedia untuk berbagai jenis sepeda motor dan knalpot ini juga bisa di pasang di sepeda motor bukan motor sport saja. Lantas apa kelebihan dan kekurangan Jenis knalpot racing sistem ini.

Kelebihan Knalpot Full System

kelebihan membeli knalpot full system adalah kebalikan dari knalpot slip on. Jika knalpot slip on tidak dapat menghasilkan suara dan performa mesin yang maksimal, maka sebaliknya knalpot full system akan membuat perubahan yang besar pada mesin, salah satunya penambahan tenaga dan perbedaan karakter mesin akan berubah drastis. Ini bisa dirasakan dari Putaran RPM rendah sampai putaran RPM tinggi mesin, biasanya putaran mesin akan lebih ringan dan lebih bertenaga.

Kekurangan Jenis Knalpot Racing Full System
Knalpot racing full system biasanya dibanderol dengan harga yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan knalpot slip on, selain itu untuk mendapatkan suara dan performa mesin yang maksimal kita harus melakukan settingan yang tepat, settingan yang dimaksud adalah kondisi ideal pada ruang bahan bakar yaitu pencampuran udara, bensin dan pengapian. Akan tetapi itu bukanlah menjadi kendala, semua bengkel resmi pasti sudah biasa dan bisa memasang knalpot racing full system.

Itulah sedikit artikel mengenai Jenis Knalpot Racing.  Dan artikel Perbedaan Antara Knalpot racing Slip On dengan Full System, silahkan anda untuk memilih sendiri berdasarkan keinginan anda. Semoga artilel yang sedikit ini bisa bermanfaat. Salam autozer.

Popular posts from this blog

Spesifikasi Mesin Ertiga

Cara Merawat Alternator Mobil