Cara Merawat Alternator Mobil

Merawat mobil tidak hanya body luar dan mesin nya saja. Dan perwatan tidak hanya sekedar membersihkan mobil dan mengganti oli mesin tetapi merawat komponen komponen yang lain juga di perlukan. Komponen kompone yang membantu kenyaman dari kita berkendara termasuk adalah alternator. Lalu apa fungsi , manfaat dan merawat alternator tersebut 
Alternator adalah alat untuk mendapatkan tenaga listik. Proses mendapatkan tenaga listrik ini di hasilkan dari putaran mesin yang tersambung dengan van belt untuk menggerakan altetnator. Setelah alternator bergerak maka alternartor akan menghasilkan listrik.

Listrik tersebut berupa arus listrik DC. Dimana mempunyai fungsi untuk mengisi arus dan tegangan pada battery / ACCU. Baterai ini lah yang mempunyai peranan untuk menjadi sumber listrik untuk kepentingan berkendera.

Begitu penting peranan dari alternator maka alternator harus ada perawatan. Perawatan ini antara lain dengan cara :
1.Sediakan alat alat untuk membongkar alternator dari tempat kedudukan.
2. Terlebih dahulu lepas vanbelt dengan menggunakan obeng, obeng di taruh di bawah pully atau poros putar. Dan putar poros tersebut.
3. Bersihkan alternator dengan menggunakan sikat baja dan cairan pembersih. Tujuan pembersihan ini agar listrik yang di hasilkan alternator lebih maksimal.
4. Pasang kembali alternator.

Demikian artikel sederhana tentang perawatan altetnator dan semoga bermanfaa bagi autozer. Apalagi alternator sudah tidak fungsi. Lalukan cara ini.









Popular posts from this blog

Spesifikasi Mesin Ertiga

Sistem Suspensi New Pajero Sport