Penyebab Kerusakan Klakson

Perawatan Klakson Motor dan Mobil- Klakson baik di motor maupun di mobil mempunyai peranan yang sama. Setiap kendaraan baik motor maupun monil yang berjalan di jalan raya harus dilengkapi dan dipasangi dengan klakson. Pentingnya Fungsi akan klakson diantaranya untuk memberikan peringatan atau pemberitahuan kepada pemakai jalan didepannya  atau yang lain agar memberi jalan atau mengiatkan agar hati-hati bagi pengendera yang lainnya. 


Kecelakaan lakalantas sering terjadi diantara adalah karena tidak berfungsi dengan baik klakson pada mobil atau motor tersebut, atau karena klakson tidak dipasang bahkan klakson tidak sesuai standart.

Klakson yang tidak mengeluarkan bunyi bisa disebabkan oleh kabel kabel atau instalansi yang menghubungkan klakson dengan sumber arusnya yang terputus. Atau mungkin kondisi sound dari klakson tersebut yang telah rusak.

Berikut beberapa kondisi kerusakan l yang sering terjadi pada klakson kendaraan anda antara lain ;

1. Klakson berbunyi terus tak bisa di matikan.

Penyebabnya adalah arus listrik dari sumber listrik atau battery accu terus-menerus mengalir ke sistem klakson. Dari inilah sehingga diafragma klakson akan bergetar terus menerus dan menimbulkan bunyi tak bisa berhenti. Hal ini mungkin disebabkan oleh batang elektromagnetic dari relay macet pada kedudukan menutup atau kontak klakson macet pada kedudukan menutup. Atau bisa juga karena kondisi dari relay yang berkarat.


2. Klakson tidak berbunyi atau mati.

Kondisi ini paling banyam di alami para pengendara. Penyebabnya adalah arus listrik tidak mengalir ke sistem klakson karena sekering klakson putus, kerusakan pada relay listrik,  kerusakan pada kontak pemutus atau karena kabelnya putus. Penyebab lainnya adalah arus listrik dari sumber listrik atau baterai lemah sehingga kemagnetan yang ditimbulkan tidak cukup kuat untuk menggetarkan diafragma. Penyetelan klakson yang tidak benar juga bisa menyebabkan klakson tidak berbunyi.

3. Bunyi klakson kurang keras.

Bunyi klakson kurang keras bisa disebabkan oleh  listrik ke diafagma klakason sering berkurang dan kerusakan pada diafagma robek, berlubang atau terlalu kendor akan menyebabkan bunyi klakson kurang keras. Setelan diafragma yang kurang tepat (terlalu kendor) dapat disetel lagi dengan memutar baut penyetel kiri atau ke kanan sesuai dengan kerasnya bunyi yang dikehendaki.

Demikian Penyebab Kerusakan Pada klakson Dan semoga artikel yang sedikit ini bisa bermanfaat bagi sahabat autozer indonesia.

Popular posts from this blog

Spesifikasi Mesin Ertiga

Cara Merawat Alternator Mobil