Tips Perawatan Busi Mobil

Perawatan busi mobil adalah salah satu bentuk perawatan sistem pengapian pada mesin mobil. Apabila busi terjaga dan terawat dengan baik maka sistem pengapian pada busi akan menghasilkan pembakaran yang sempurna pada ruang bakar di dalam slinder mesin.


Untuk mendapatkan pembakaran yang sempurna maka langkah langlah dalam perawatan busi mesin mobil antara lain ;

1. Lepas dan beri tanda pada Busi
Lepas busi dari dudukan mesin. Lepas menggunakan kunci busi dan jangan paksa menggunakan kunci yang tidak sesuai dengan ukuran busi. Karena di khawatirkan busi dan lubang busi akan rusak dan aus.

Penandaan dalam pembongkaran mesin bisa Anda lakukan dengan dapat merekatkan pita warna atau karet gelang pada setiap masing-masing busi dengan menambahkan pada tiap pita atau karet gelang sebuah nomer urut. No urut di sesuaikan dengan no slinder mesin juga. Jangan lupa anda juga memberi nomer pada lubang busi jika perlu. Dengan cara ini anda dapat membersihkan busi mobil bersamaan. Tujuan penomeran ini untuk bisa memberi tanda mana busi yang masih baik dan mana busi yang harus di ganti.

2.Gunakan kain bersih dan masukkan kain tersebut kedalam lubang busi dengan tujuan untuk menggosok bagian puing-puing dan sela-sela busi yang kotor. Atau bisa menggunakan sikat gigi bekas untuk membersihkan kotoran yang melekat pada busi.

3. Bersihkan busi dengan kain halus.

Setelah semuanya dibersihkan menggunakan kain halus, maka langkah selanjutnya dengan mencucinya menggunaan cairan yang cepat kering.  Bisa menggunakan bensin atau Anda bisa menggunakan kekuatan alkohol 90 persen atau pilihan lainnya adalah karburator injector cleaner.Kesemua cairan ini bekerja dengan baik untuk meluluhkan kotoran yang terdapat pada busi. Dan taruh pada tempat yang kering setelah busi di bersihkan.

4. Bersihkan Busi dengan Cairan khusus.
Selanjutnya anda bisa merendam busi menggunakan cairan pembersih toilet selama beberapa menit dengan kedalaman sekitar 1.3 cm. Gunakan pelindung mata dan sarung tangan, karena biasanya cairan pembersih toilet memiliki sifat yang keras dan dapat melukai ataupun mengiritasi kulit.

Jika anda tidak menemukan cairan pembersih toilet, anda bisa membeli cairan khusus dengan kandungan berupa hidrogen klorida sebanyak 20 persen. Lanjutkan dengan membilasnya, menyikat dan mengikisnya menggunakan kawat tipis. Jangan lupa untuk menggunakan kembali alkohol ataupun injector cleaner untuk mengganti air bilasan agar cepat mengering.

Demikian sedikit artikel tentang perawatan busi pada mobil dan semoga memberi manfaat pada autozer

Popular posts from this blog

Spesifikasi Mesin Ertiga

Cara Merawat Alternator Mobil