Menganti Oli Mobil

Ganti Oli Secara Berkala atau rutin.

Setelah kita menganggap mesin adalah kehidupan dari sebuah mobil maka oli adalah darah dari kehidupan itu sendiri. Karena fungsi oli yang begitu penting maka kualitas tentang oli harus selalu terjaga dan di perhatikan.


Untuk memastikan mesin mobil selalu dalam kondisi yang prima dan oke,  maka pastikan oli mobil yang anda gunakan harus sesuai dengan panduan tentang jenis dari mobil  tersebut. Apa menggunakan mesin bensin atau menggunakan mesin solar. Karena kedua jenis mobil ini maka penggunaan oli harus memperhatikan tingkat kekentalan Oli.

Oleh karena itu, ganti oli mesin mobil anda secara berkala sesuai dengan standar aturan masing-masing mobil. Pelumasan pada oli ini apabila tidak menjaga kualitas ada resiko mesin akan over head atau mesin macet karena pelumasan tidak sesuai dengan standart.

Biasanya, setiap mobil memiliki aturan terhadap waktu penggantian oli, jenis oli, pemberian jumlah oli hingga jarak tempuh penggunaan oli. Dan biasanya penggunaan oli mesin yang umumnya adalah pemakaian antara 3000km hingga 5000km dan ada juga yang menggunakan waktu tiga bulan atau empat bulan. Yang terpenting pastikan oli mesin tidak berkurang dalam carter mesin.

Setelah kita mengetahui tentang jenis oli apa yang akan kita pakai dan berapa lama waktu penggantian Oli Serta berapa lama pemakaian mesin apabila oli perlu di ganti selanjutnya kita harus mengetahui apa fungsi Oli . pada dasarnya memiliki fungsi untuk menahan gesekan yang terjadi saat mesin mobil bekerja. Gesekan besi dengan besi apabila tidak di lumasi ada kemungkinan gerak gesek tersebut akan menimbulkan energi panas. oleh karena itu, penting untuk memperhatikan kondisi baik jumlah maupun kualitas serta jenis oli yang anda gunakan, agar tidak terjadi gesekan yang berlebihan saat mesin bekerja. 
Semoga artikel yang sedikit ini bisa memberikan manfaat selanjutnya adalah pengecekan air radiator.

Popular posts from this blog

Spesifikasi Mesin Ertiga

Cara Merawat Alternator Mobil