Perawatan Mesin Mobil Secara Sederhana

Mesin mobil adalah kehidupan bagi mobil yang harus diperhatikan kesehatannya dan kelancarannya. Perawatan dan perbaikan berkala secara menyeluruh memang harus dilakukan agar memastikan kondisi mesin mobil tetap nyaman dan mantap. 

Namun melakukan perawatan dan perbaikan secara detail dan menyeluruh tentu saja memakan waktu, dan juga biaya. Jadi mungkin tidak semua dari kita dapat melakukannya setiap waktu. Sedangkan apabila kita perlu merawat ke bengkel jelas pengeluaran untuk biaya bengkel akan membengkak.

Pembengkan biaya apabila di bawa kebengkel biasanya karena pihak bengkel belum tentu jujur dengan kondisi dari kerusakan pada mesin mobil kita. karena alasan tersebut, maka ada beberapa cara untuk melakukan perawatan mesin mobil secara sederhana dan bisa di lakukan sendiri.

Perawatan ini hanya untuk bagian-bagian yang bisa dibilang penting dan tidak boleh diabaikan.  Bagian terpenting inilah yang bisa membawa mobil pada kondisi baik atau tidak. Semakin kita bisa merawat jelas mobil kita selain terjaga dari kerusakan juga menjaga nilai dari harga mobil tersebut apabila pada kemudian hari mobil akan di jual kembali. Atau mobil di gunakan sebagai aset untuk jual beli

Tips ini bisa diterapkan untuk mesin mobil baru, ataupun mesin mobil yang sudah cukup lama. Dan tips tips tersebut antara lain : 

1.Ganti Oli Secara Berkala atau rutin.

Setelah kita menganggap mesin adalah kehidupan dari sebuah mobil maka oli adalah darah dari kehidupan itu sendiri. Karena fungsi oli yang begitu penting maka kualitas tentang oli harus selalu terjaga dan di perhatikan. Untuk lebih mendalam buka di Mengganti oli mesin.

2. Mengecek Air Radiator

Radiator adalah suatu alat bantu pendinginan mesin. Ada pendinginan langsung ada juga menggunakan radiator.

Radiator bagian penting dari mesin mobil yang berfungsi agar menetralisir panas yang muncul dari mesin mobil. Panas ini akan didinginkan dan di serap oleh radiatorm.Jika air radiator, atau coolant tidak bekerja dengan benar, maka mesin akan cepat penas dan menimbulkan kerusakan fatal. Kebanyakan mesin apabila radiator tidak berfungsi dengan benar maka mesin akan sering over head atau mati sendiri.

3. Membersihkan kotoran dan kerak pada mesin.

Pada bagian dalam mesin mobil, khususnya mobil yang sudah berusia dan yang sudah lama digunakan, sering terdapat kerak. Oleh sebab itu, cobalah untuk membuang  dan membersihkan kerak tersebut agar tidak menempel terlalu lama hingga sulit dibuang. 

 Apabila sudah terlalu lama juga akan mempengaruhi pada kondisi mesin anda.
Terdapatnya kerak atau kotoran menjadikan pendinginan pada mesin tidak sempurna. Dimana yang seharusnya radiator bisa mendinginkan body mesin akibat adanya kerak dan kotoran maka aliran pendinginan akan terganggu.










































Popular posts from this blog

Spesifikasi Mesin Ertiga

Sistem Suspensi New Pajero Sport