Kelebihan Dan kekurangan Isuzu Fanther

Mesin diesel dikenal sebagai mesin yang kuat, andal, bebas perawatan, tapi juga agak berisik. Isuzu Panther dikenal dengan "Rajanya Diesel" dan terus berjaya di kelasnya. Bisa dibilang Isuzu Panther merupakan pesaing Toyota Kijang. Bahkan pemain kawakan semacam Toyota Kijang pun belum bisa berbuat banyak bila berhadapan langsung dengan Isuzu Panther pada kelas diesel.

Mesin Panther terkenal bandel dan ekonomis. Suspensinya empuk dan dianggap cocok untuk kondisi jalan di Indonesia. Apalagi perubahan musim yang tak menentu. Hujan lebat bisa tiba-tiba menimbulkan banjir. Dibanding mesin bensin, mesin diesel terbukti lebih irit, murah dan waterproof (tahan air). Selain itu tren biodiesel baru-baru ini membuat mesin diesel kembali naik daun. Sudah banyak teknologi biodiesel yang diterapkan energi alternatif dan anda berpeluang mencoba bahan bakar masa depan itu dengan memiliki mobil bermesin diesel seperti Panther.
Dan satu lagi, Panther memiliki AC yang sangat dingin sehingga membuatnya nyaman dikendarai pada kondisi tropis. Torsi yang sangat besar membuat AC kapasitas besar bisa dipasang. Inilah yang membuat AC Panther terkenal dingin. Sejak 1996, sudah menggunakan teknologi direct injection membuatnya tak perlu pemanas solar saat dihidupkan dalam kondisi dingin. Masalah sparepart juga tak perlu dikhawatirkan untuk jenis mobil ini karena banyak tersedia dan juga murah.

Isuzu Panther memiliki banyak macam varian. Pada 2007, Panther mengeluarkan 7 varian, yaitu Smart, LV Adventure, LS, Touring, dan Grand Touring. Peraturan pemerintah tentang emisi gas buang yang harus naik EURO 2 membuat semua varian Panther menggunakan turbo plus catalytic converter. Berikut beberapa tips untuk pembeli mobil Panther :



1. Filter : Perawatan utama mobil diesel adalah saringan udara. Gantilah semua saringan yang ada begitu mobil di tangan anda.

2. Spion : Dudukan spion Panther Hi-Grade atau Grand Touring sering lepas karena konstruksinya kurang kuat. Karena sudah menggunakan sistem elektrik, harganya lumayan mahal. Jadi pastikan spion dalam kondisi baik.

3. Transmisi : Jika transmisi matik masih berfungsi dengan baik, mintalah bukti kepada penjual kalau ia rajin mengganti oli-nya. Sebab jika tidak, biaya perbaikannya cukup mahal. Tapi bisa juga dicermati saat test drive.

4. Sokbreker Belakang : Tak seperti pendahulunya di mana sokbreker depan sering rusak, pada Panther Kapsul justru sokbreker belakang yang lemah. Untunglah harganya tak terlalu menguras kantung dan tersedia berbagai produk aftermarket.

PLUS
Mesin kuat, bandel, dan ekonomisSuspensi empukIrit BBMAC sangat dinginSudah menggunakan teknologi direct injectionSparepart banyak tersedia dan murahBanyak varianSemua varian Panther menggunakan turbo plus catalytic converter
MINUS
Mesin agak berisikDudukan spion Panther Hi-Grade atau Grand Touring sering lepasBiaya perbaikan varian transmisi matik mahalSokbreker belakang lemah



Popular posts from this blog

Spesifikasi Mesin Ertiga

Cara Merawat Alternator Mobil