Panduan Test Drive

Mencoba mengenderai suatu mobil atau yang lebih di kenal dengan istilah Test Drive adalah suatu sarana di saat kita akan membeli kendaraan baik itu mobil baru atau mobil second/ bekas.

Dengan mengendarai mobil tersebut, akan memudahkan kita disaat memeriksa kenyamanan dalam kita berkendara. Terutama keadaan rem, yang menjadi salah satu komponen paling penting sebuah mobil.

Panduan atau hal apa saja yang perlu di perhatikan dalam melakukan Test Drive antara lain :

1. Periksa Kondisi Rem

Periksa kondisi rem baik rem tangan maupun rem kaki. Karena rem adalah komponen penting keselamatan dalam kita berkendara.
Dan pola pengecekan rem kita biza memulai dengan membawa mobil pada kecepatan 50 km / jam.Saat kita mengerem pada kecepatan 50 Km/jam, seharusnya tidak ada getaran pada pedal rem atau terdengar bunyi mendecit. Karena apabila terjadi di pastikan kondisi ren ada yang kurang optimal.
Jika ini terjadi, Anda sebaiknya mengurungkan niat membeli mobil tersebut. kecuali jika mendapat negosiasi harga yang sesuai, untuk biaya perbaikan rem.

2. Tes Tenaga mobil/ akselerasi

tes tenaganya untuk berakselerasi apakah cukup kencang atau tidak, tes di jalan bebas hambatan akan sangat membantu untuk mengetahui kualitas mesin apakah bisa menyalip kendaraan lain dengan baik ataukan ternyata kurang. Berkendara dengan kecepatan 80 km / jam. Karena pada saat kecepatan tersebut maka akserasi atau tenaga mesin bisa di ketahui.

Untuk menambah nilai dalam poin akselerasi Jangan lupa hidupkan AC  untuk mengetahui seberapa dingin/ kualitas AC tersebut dan juga untuk mengetes apabila kita menghidupkan AC bisa mempengaruhi performa/ tenaga mobil. Karena terkadang kita menemui mobil yang akselerasinya turun di saat kita menyalahkan AC.

3.Sistem transmisi

Sistem tranmisi mobil aa dua yaitu manual dan matic.jika mobil menggunakan transmisi manual. Yang perlu di lakukan pengecekan adalah apakah perpindahan antar gigi berjalan mulus atau ada hentakan setiap pindah?

jika bertransmisi matic apakah pshift dan downshift berjalan lanca ada kendala (jangan ada sentakan maju ketika menggeser kopling), jika mobil dilengkapi penggerak 4x4 coba aktifkan dan matikan dan cek seberapa mudah penggunaannya.

4.Sistem kemudi.

Coba kemudikan mobil di jalan lurus, aspal rusak, jalan berbatu, jalan macet, jalan tanjakan dan turunan. Atau jalan tanah. tes apakah sistem kemudi cukup ringan atau berat, mobil jaman sekarang meskipun besar akan tetapi jika power steeringnya bagus masih tetap nyaman dikemudikan dan ringan memutar lingkar kemudi. Apakah sistem kemudi nya oleng atau kurang senter kita juga harus mengetahuinya.
Cobalah untuk menikung dengan cepat (apakah ada kendala)... apakah mobil masih tetap stabil saat digunakan menikung dengan tiba-tiba? tidak terjadi perubahan arah dan gerakan yang berlebihan maka kondisi sistem kemudi masih bagus.Demikian artikel yang sedikit tentang bagaimana melakukan Test Drive yang baik.









Popular posts from this blog

Spesifikasi Mesin Ertiga

Cara Merawat Alternator Mobil