Mengenal Karburator Mobil

Seperti kita ketahui bahwa karburator adalah hal terpenting dalam mesin mobil. Apabila penyetelan karburator benar maka kekuatan tarik mesin akan mengenakan pengendara dan tidak membuat boros bahan bakar bensin pada mobil.

Fungsi Karburator diantaranya adalah untuk mencampur antara bahan bakar dengan udara sebelum campuran tersebut masuk kedalam ruang bakar/silinder. Dan pencampuran itu berdasarkan setelan atau pengaturan kita.


Prinsip Kerja

Pada saat langkah hisap, torak bergerak dari Titik Mati Atas (TMA) ke Titik Mati Bawah (TMB) dan throttle valve terbuka, udara di intake manifold terhisap ke dalam silinder maka di venturi terjadi tekanan yang rendah bila dibandingkan dengan ruang pelampung. Akibat perbedaan tekanan ini, bensin pada ruang pelampung akan mengalir ke venturi, kemudian bensin tersebut akan tercampur dengan udara dari air horn dan masuk ke silinder

Sifat-sifat dari Karburator :

1. Perbandingan bahan bakar dan udara yang variabel.

2.Sensitif terhadap air filter yang kotor, tinggi rendahnya bahan bakar di ruang pelampung, penyumbatan jet udara pada spuyer. Dan apabila karburator terisi banyak bahan bakar bensin maka biasanya mesin akan lebih sedikit boros


Karburator pada dasarnya kekuranganya adalah :

1.Tidak menjamin campuran udara dan bensin yang tepat dan tetap.

2.Tidak memiliki alat-alat penambahan / pengurangan bahan bakar, untuk keperluan mesin pada berbagai kecepatan.

3.Tidak ada alat untuk start dalam keadaan dingin.

4.Tidak ada alat untuk menambah bensin pada waktu dibutuhkan tenaga

5.Gas hasil dari pembakaran mengandung gas beracun





Popular posts from this blog

Spesifikasi Mesin Ertiga

Sistem Suspensi New Pajero Sport